Senin, 05 Oktober 2015

Homemade Ice Cream Pot

Belakangan ini di dunia kuliner lagi booming yang namanya Ice Cream Pot atau Potty Ice Cream, yaitu ice cream yang disajikan dalam wadah menyerupai pot dengan aksesoris tanaman-tanaman cantik serta pasir dan batu bahkan ada yang menyajikan secara ektrim dengan menambahkan aksesoris cacing. Untuk harga sangat bervariasi tergantung isi dan tentunya dimana kita membelinya :-) .Namun tidak perlu khawatir, karena semua bahan yang digunakan merupakan bahan makanan yang aman untuk dikonsumsi termasuk pot yang digunakan karena menggunakan bahan food grade. Saya sendiri sebenarnya belum pernah mencobanya, tidak terlalu tertarik karena geli melihat cacingnya tapi sangat penasaran dengan cara membuatnya. Dan kali ini saya pun ikut-ikutan coba membuatnya. Ice Cream Pot yang saya buat kali ini sederhana dan tidak banyak menggunakan aksesoris hanya berisi ice cream, pasir, daun dan cacing, karena yang paling membuat saya penasaran yaitu cara mambuat cacingnya. Meskipun sebenarnya saya sendiri geli kalau melihat cacing tapi rasa penasaran ini dapat  mengalahkannya hehe.....
Kita mulai saja ya bikin Potty Ice Creamnya...


Pertama saya akan buat ice cream nya dulu. Resep ini saya dapat dari ibu saya. Sewaktu saya kecil kalau lagi pengen ice cream, ibu suka membuat sendiri untuk anak-anaknya selain sehat juga murah. Sebenarnya resep asli dari ibu menggunakan telur tapi saya skip karena saya tidak suka aromanya yang menurut saya terasa amis.

RESEP ICE CREAM
BAHAN
300 ml Susu UHT (lebih bagus UHT colklat, disini saya menggunakan strawberry karena permintaan Syafa :-)  )
1 sachet Susu kental manis
3 sdm Tepung maizena
5 sdm Susu bubuk (optional)
1/2 sdt SP

CARA MEMBUAT
1. Masak susu UHT, susu kental manis, tepung maizena dan susu bubuk dengan api kecil. Aduk hingga larut.
2. Setelah dingin bekukan dalam freezer kurleb 4-6 jam
3. Kerok dengan sendok/garpu kemudian mix dengan kecepatan tinggi bersama SP yang telah ditim
4. Letakkan dalam wadah kecil-kecil (disini saya hanya menggunakan wadah plastik tempat puding yang ada tutupnya.
5. Masukkan dalam freezer


RESEP POTTY ICE CREAM
BAHAN
1 sachet nutrijel coklat
Oreo (sisihkan creamnya)

CARA MEMBUAT
1. Siapkan sedotan dengan diikat bagian tengahnya kemudian letakkan dalam gelas



2. Masak nutrijel coklat
3. Masukkan perlahan nutrijel yang masih cairke dalam sedotan hingga penuh
4. Diamkan hingga mengeras, keluarkan dari sedotan
5. Hancurkan oreo kemudian tata diatas ice cream, letakkan jelly cacing diatasnya, beri hiasan daun. Kalau bisa daunnya yang bisa dimakan juga. Kali ini saya hanya menggunakan daun jambu di depan rumah karena ga punya daun mint :-)
6. Bentuk bulat cream oreo, letakkan diatas daun. Lebih bagus lagi kalau menggunakan buah strawberry atau cherry.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat  :-)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar