Senin, 05 Oktober 2015

Bolu Kukus Keju Mocca

Punya mixer baru merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi seorang Ibu Rumah Tangga seperti saya. Mixer hadiah dari suami karena udah berkali-kali bikin cake dan roti tapi selalu bantat meskipun sudah memakai metode water roux. Mungkin Si Ayah kasihan melihat saya bolak-balik bikin kue gagal terus haha....Akhirnya suatu sore sepulang dari RS, Ayahmenyempatkan untuk membelikan mixer di pasar besar dan memberikan hadiah kejutan ini untuk saya (senangnya.....)

Sejak punya mixer baru, hampir setiap hari saya mempraktekkan resep-resep cake. Kata Si Ayah, "gaya punya mixer baru, apa-apa di mixer semua" hehe.... Kalo kata orang jawa "kemaruk" , meskipun pengetahuan baking saya masih dibawah standar tapi senang sekali bisa membuat sendiri kudapan sehat untuk keluarga. Dan si Ayah pun lagi-lagi menjadi korban resep-resep saya hehe....  Berhasil atau gagal, enak atau tidak, hasil eksekusi wajib dihabiskan karena sayang banget kalo dibuang :-)

Kali ini saya akan berbagi hasil eksekusi Resep Bolu Kukus Keju Mocca. Resep saya adopsi dari Bunda Tutty Frutty tapi saya buat setengah resep. Jumlah bahan bisa ditambahkan sesuai banyak resep yang diinginkan.

BAHAN
2 butir telur
4 sendok munjung tepung terigu protein sedang
21/2 sendok munjung gula pasir
1/2 sdt SP
1/2 sdt baking powder
3 sdm margarin, cairkan
Keju parut
1/2 sachet white coffe

CARA MEMBUAT
1. Kocok telur, gula pasir, SP dengan kecepatan tinggi hingga berwarna putih dan berjejak
2. Masukan margarin cair, aduk dengan spatula
3. Masukkan sedikit demi sedikit campuran tepung dan baking powder, aduk rata
4. Bagi 2 adonan : adonan pertama tambahkan parutan keju (1), adonan kedua tambahkan white coffe(2)
5. Masukkan adonan setengah adonan 1 ke dalam loyang yang telah diolesi margarin dan tepung. Kukus 5 menit
6. Masukkan setengah adonan 2 diatas adonan 1, kukus lagi 5 menit
7. Masukkan sisa adonan 1, kukus 5 menit
8. Masukkan sisa adonan 2, kukus 5 menit
9. Periksa apakah bolu sudah matang dengan menusukkan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel artinya bolu sudah matang.
10. Beri toping sesuai selera.



Kudapan ini segera saya sajikan untuk teman menonton tv di sore hari. Bagaimana penilaian dari si Ayah? Alhamdulillah Ayah bilang bolunya enak dan lembut tapi menurut Ayah agak kemanisan (karena Ayah kurang suka manis), kalau menurut saya sih pas-pas aja hehe.... Dan saya pun mendapat nilai 8/10 versi Ayah , senangnya hehe....      

Selamat mencoba, semoga bermanfaat :-)   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar